Sabtu, 24 November 2012

Menumbuhkan Mental Juara ....



Menumbuhkan mental juara itu tidaklah mudah, terutama bagi orang yang tidak punya bakat khusus seperti aku… aku tak punya suara yang bagus atau bisa melukis dengan indah, aku juga bukan orang yang begitu pintar hingga dapat menenteng piala dari ajang Olimpiade, yang aku punya hanyalah semangat untuk terus berusaha mengambil kesempatan yang ada dan mencoba berpartisipasi dalam setiap perlombaan yang sekiranya aku bisa ikuti… meskipun ujung2nya aku sering mendapatkan kekecewaan karena aku jarang menjadi juaranya, bahkan dari 100 lomba mungkin hanya 1 lomba yang bisa aku menangkan.. *alhamdulilah ya..

Salah satunya adalah hari ini, hari ini aku mengikuti lomba debat bahasa inggris tingkat fakultas teknik undip.. aku berusaha untuk tampil menjadi yang terbaik, mencari fakta pendukung, dan mencoba berpendapat sebaik yang aku bisa… tapi ternyata juri memang berkata lain, dia tak memilih tim ku untuk bisa berjuang lagi di babak semifinal… sungguh kecewa dan membuat aku down, sekilas aku selipkan tanya dalam do’aku kepada tuhan …“tuhan, apakah aku memang tak punya mental juara? Sehingga setiap perlombaan yang aku ikuti selalu kalah”… aku tak tahu tuhan akan menjawabku atau tidak, yang pasti aku harus segera move on dari keterpurukan ini….

Dalam organisasipun aku sering mengalami penolakan, waktu daftar organisasi BEM FT  dan AAPG (American Association Of Petroleum Geologist) aku ditolak, entah karena aku salah jawab pas interview apa karena aku kurang layak menjadi bagian dari organisasi itu … penolakan itu sejatinya memang menyakitkan,,,, *cetarmembahanabadai

Entah kekuatan apa yang ada pada diriku hingga aku tak pernah kapok untuk terus berkompetisi, aku punya keyakinan bahwa suatu saat akan ada keberuntungan yang berpihak kepadaku, yak… keberuntungan!! menurutku dalam setiap perlombaan kita perlu yang namanya keberuntungan…sekuat apapun atau sesiap apapun jika kita tidak menjumpai keberuntungan itu kita tidak akan menjadi juara…. misalkan dalam olimpiade kita beruntung karena materinya sudah kita pelajari semua, atau dalam debat kita beruntung mendapatkan juri yang professional atau motionnya kita kuasai…

Masih banyak kompetisi yang perlu aku jajal, targetku tetap menjadi juara… tapi paling tidak meskipun kalah aku akan mendapatkan pengalaman, “pengalaman sakit hati dan cemoohan”…hingga membuat aku semakin kebal hidup di dunia ini,,, terutama tebal “kulit muka”… nih aku ada kutipan nggak tahu dari siapa,,, tapi kata2 ini cukup membuatku move on..

“Tanamkan pada diri anda mental yang seperti itu, bukan masalah anda keluar sebagai pemenang atau tidak. Keputusan yang anda pilih adalah “pertandingan” yang anda mulai. Berjanjilah pada diri anda untuk terus melangkah dan menyelesaikan “pertandingan” tersebut! . Saat anda jatuh kemudian bangkit...jatuh...bangkit lagi...jatuh lagi...bangkit lagi...dan anda tidak pernah berhenti menyerah untuk terus bangkit! Tidak perlu menjadi juara tapi milikilah mental juara!!! FINISH WHAT YOU STARTED!”

*Dikutip dari catatan galau kehidupan kampus

0 komentar: